Rusia tak akan Berdamai dengan Jepang di APEC

Rusia tak akan Berdamai dengan Jepang di APEC

Metrotvnews.com, Moskow: Rusia menegaskan tidak akan menyelesaikan masalah perjanjian perdamaian dengan Jepang terkait masalah teritorial. Hal itu disampaikan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov, Sabtu (1/9), menjelang KTT Kerja sama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) di Vladivostok.


Selama pertemuan dengan mahasiswa dari Institut Hubungan Internasional Negeri Moskow, Lavrov mengatakan sengketa teritorial dan masalah yang relevan dengan perjanjian damai antara Rusia dan Jepang tidak akan diselesaikan dalam kerangka APEC.

"Tidak, perjanjian-perjanjian politik atau hukum antar-negara dipertimbangkan dicakup dalam keputusan APEC," kata Lavrov. Dia menambahkan, sebanyak 21 anggota organisasi regional telah beroperasi sebagai forum untuk perundingan ekonomi, bukan masalah lain. 

Rusia dan Jepang telah lama berselisih mengenai kedaulatan atas empat pulau Pasifik yang disengketakan. Keempat pulau itu disebut Wilayah Utara oleh Jepang dan Kepulauan Kuril Selatan oleh Rusia.

Sengketa teritorial itu telah memblokade satu perjanjian perdamaian antara kedua negara sejak akhir Perang Dunia II.

Lavrov mengatakan kepada para mahasiswa bahwa tidak adanya perjanjian perdamaian tidak akan menghambat perkembangan hubungan bilateral Rusia-Jepang secara umum.

"Kami tidak melihat adanya hambatan untuk pengembangan hubungan kita, bahkan tanpa adanya perjanjian perdamaianpun," ungkapnya. (Ant/Wrt3)

$title
NO COMMENTS YET
Leave a Comment