Open Source, HP Jadikan WebOS Ikuti Jejak Android

Open Source, HP Jadikan WebOS Ikuti Jejak Android

VIVAnews - Setelah sempat mengalami ketidakjelasan, Hewlett Packard akhirnya meluncurkan versi beta untuk sistem operasi mobile WebOS yang kini hadir dalam bentuk pirantiopen source. Meski demikian, HP tampaknya tidak akan melanjutkan produksi perangkat TouchPad dan Palm.

Mengutip laman TechRadar, versi beta WebOS ini terdiri atas 54 komponen, yang terdiri atas 450.000 garis kode di bawah lisensi Apache 2.0. Ini dikhususkan untuk para pengembang dalam bereksperimen dengan karya mereka.

Sistem operasi baru HP ini juga melingkupi dua environmentyang dibangun. Di antaranya untuk pengembangan desktopdengan sistem Ubuntu. Sementara itu, satu lagi menggunakan OpenEmbedded yang memungkinkan emulator ARM untuk memfasilitasi agar terhubung ke perangkat-perangkat baru.

Desember lalu, HP mengumumkan WebOS akan dikontribusikan untuk komunitas open source. Ini berarti seperti Android, manufaktur apa pun bisa membangun perangkat mereka dengan WebOS yang bebas lisensi.

Tapi, ini bukan berarti para manufaktur akan menggunakan WebOS untuk perangkat mereka. Apalagi, Google telah merekrut tim Enyo, yang selama ini mengembangkan HTML5, dari WebOS. Ini menjadikan masa depan WebOS masih tetap belum jelas seperti Desember lalu.

Meski begitu, perubahan masih mungkin terjadi. Dengan diluncurkannya versi beta WebOS untuk open source, para pengembang bisa mengutak-atik dan memberikan penilaian. Setidaknya, WebOS masih bisa bernapas lebih panjang. (art)

$title
COMMENTS (1)
  1. Martin
    Martin

    October 10, 2012

    sites!What you can doIt's always good to inevst some of your profits into article creation. Submit the articles to Web 2.0 sites and link them back to your money site. If you can get the articles indexed and linked to this is

Leave a Comment