Google Kurangi Eksistensi di China

Google Kurangi Eksistensi di China

China - Raksasa internet Google kembali mengurangi kehadirannya di China. Setelah menutup mesin pencarinya di negara tersebut, kini giliran layanan download musiknya yang diakhiri.

Google mengatakan bahwa layanan yang berusia 3 tahun tersebut gagal meraih market di negara dengan pemakai internet terbesar di dunia ini.

Dirilis pada tahun 2009, layanan ini sejatinya dibesut sebagai pesaing layanan serupa milik Baidu, sebelum akhirnya ditiadakan pada 19 Oktober mendatang.

"Pengaruh produk ini tidak memenuhi harapan kami, jadi kami memutuskan untuk mengalihkan sumber daya kami ke produk lainnya," ujar Yang Wenluo, Engineering Research general Manager Google China.

Dikutip detikINET dari Boston, Sabtu (22/9/2012), Google masih kalah jauh dibandingkan pemain lokal Baidu untuk urusan search market. Pada kuartal kedua tahun ini, Google hanya meraih market 15,7%, sedang Baidu mendominasi dengan 78,6%.

Pengguna internet di China memang yang terbesar di dunia dengan jumlah lebih dari setengah miliar, namun kebebasan berinternet sedikit dikekang oleh pemerintah. Bahakn situs-situs seperti Facebook, Twitter dan YouTube tidak bisa diakses.

$title
COMMENTS (1)
  1. Ojie
    Ojie

    January 26, 2013

    I intern for a and I think it is great that you have epemxlas of the different types of websites one can have. Different focus on different things. Some are better at , while others have great designers. I think it's great that there is a bunch of epemxlas. Before I started interning here I had no idea what was and this site would have helped me.

Leave a Comment