8 Tablet Hybrid Keren Berbasis Windows 8

8 Tablet Hybrid Keren Berbasis Windows 8

Jakarta - Sistem operasi Windows 8 segera diluncurkan secara resmi oleh Microsoft. Berbagai pabrikan sudah ramai-ramai memperkenalkan perangkat yang akan memakai OS baru tersebut.

Windows 8 dirancang berfungsi sama baiknya di komputer tablet ataupun PC. Beberapa produsen komputer pun memperkenalkan perangkat yang disebut sebagai tablet hybrid.

Disebut hybrid karena form factornya didesain sedemikian rupa, sehingga bentuknya bisa berubah. Misalnya dari tablet menjadi bentuk laptop.

Berikut adalah beberapa tablet PC hybrid berbasis Windows 8 yang wujudnya keren, seperti detikINET kutip dari Laptopmag, Rabu (10/10/2012).



1. HP Envy x2


HP Envy x2 adalah laptop ultraportable yang bisa difungsikan menjadi tablet dengan seketika. Spesifikasi tablet ukuran 11,6 inch ini pun lumayan gahar.

Envy x2 memakai sistem magnet sebagai cara untuk menyatukan antara tablet dengan keyboard. Melepasnya pun tidak perlu susah payah.

Tablet berbahan alumunium ini desainnya terlihat premium. Sedangkan dapur pacunya mengandalkan prosesor Intel Atom Clover Trail. 

Kelebihan lainnya adalah di sektor suara. Envy 2 dibundling dengan teknologi Beats Audio yang menjanjikan performa suara yang mantap.



2. Microsoft Surface


Selama ini, Microsoft hanya memproduksi software sistem operasi Windows, tidak membuat hardware sendiri. Namun untuk Windows 8, mereka membuat pengecualian.

Microsoft memproduksi tablet Windows 8 sendiri yang dinamai Surface. Tablet berukuran 10,6 inch ini diharapkan sukses menyaingi iPad dan tablet Android.

Yang unik di Surface adalah cover pelindungnya bisa difungsikan sebagai keyboard. Keyboard bernama Touch Cover ini diklaim sensitif terhadap sentuhan jari.

Surface akan ditawarkan dalam dua versi. Yang satu memakai prosesor ARM dan satu lagi mengandalkan prosesor Intel.




3. Asus Taichi


Asus Taichi memang sangat unik. Tidak seperti produk laptop kebanyakan, perangkat ini memiliki dua buah layar sekaligus.

Layar kedua terletak persis di belakang layar utama. Jadi ketika disatukan dengan keyboard, Asus Taichi langsung berubah bentuknya menjadi tablet.

Layar kedua pun menjanjikan tampilan gambar nan cemerlang. Sebab sudah memiliki resolusi definisi tinggi 1080p.

Sudah begitu, desainnya pun menawan. Tablet ini terlihat premium dengan bahan dari alumunium.




4. Lenovo IdeaPad Yoga


Lenovo tidak mau kalah mengeluarkan perangkat Windows 8 dengan desain inovatif. Mereka telah memperkenalkan IdeaPad Yoga.

Tidak hanya Windows 8 yang jadi nilai lebih IdeaPad Yoga. Disebut hybrid karena perangkat ini wujud awalnya adalah laptop dengan keyboard lengkap, tapi bisa ditekuk sampai 360 derajat. Jadilah IdeaPad Yoga komputer tablet.

IdePad Yoga pun juga bisa dilipat dengan sudut tertentu dan didirikan di atas meja. Tergantung bagaimana keinginan penggunanya.

IdeaPad Yoga akan ditenagai prosesor Intel dengan RAM sampai 8GB, 256GB SSD dan baterai 8 jam. Layarnya seluas 13 inch dengan resolusi 1.600 x 900 pixel.




5. Samsung Ativ Smart PC


Samsung juga turut unjuk gigi. Perangkat Ativ Smart PC dan Ativ Smart PC Pro menjadi andalan lini produk Windows 8 Samsung. 

Kedua tablet PC tersebut dibekali dengan keyboard yang punya semacam magnet, sehingga keduanya mudah disatukan maupun dipisahkan.

Selain itu, diferensiasi tablet ini adalah memakai stylus S Pen. Stylus ini seperti yang ada di perangkat mobile Galaxy Note yang memakai Android. 

Fungsinya pun kurang lebih sama, yakni untuk menelurkan ide kreatif penggunanya, dari menulis, mendesain ataupun menggambar.



6. Toshiba Satellite U925t


Toshiba turut menelurkan perangkat andalan berbasis Windows 8. Ia masuk dalam seri Satelite U925t.

Tablet seukuran 12,5 inch ini punya spesifikasi yang terbilang mantap. Ia memakai dapur pacu prosesor Intel Core i5.

Toshiba menggunakan sistem slide di tablet ini. Jadi ketika digeser, layarnya akan berdiri dan mmuncullah keyboard dengan fungsi penuh.

Namun harganya memang boleh dibilang premium. Toshiba Satellite U925t rencananya akan dijual di kisaran USD 1000.

 

 

7. Acer Iconia W510


Tablet Iconia W510 mengusung layar 10.1 inch. Tablet ini punya keyboard terpisah yang selain untuk mengetik juga bermanfaat untuk memperpanjang daya tahan baterai sampai 18 jam.

Jika tablet lain hanya bisa berfungsi di dock jika layarnya berada di bagian depan, layar di Iconia W510 juga bisa dipasang dengan layar menghadap ke belakang.

Acer belum mengungkap seperti apa detail spesifikasi lengkapnya. Yang pasti, Iconia W510 memakai prosesor Intel Ivy Bridge. 

Harga W510 di kisaran USD 599. Waktu pemasarannya juga belum dipastikan, mungkin sekitar akhir tahun 2012 ini. 




8. Dell Dell XPS Duo 12


Tablet hybrid buatan Dell tidak kalah menariknya dibandingkan produk para kompetitor. Salah satu kelebihannya, tablet XPS Duo 12 ini punya layar yang bisa dirotasi.

Kuncinya adalah semacam kerangka di sekeliling layar. Nah, begitu layarnya dibalik dengan sandaran kerangka tersebut dan disatukan ke keyboard, maka wujudnya sudah menjadi tablet.

Tablet berukuran 12 inch ini memiliki layar definisi tinggi. Bahan pembuatannya pun berkualitas premium.

$title
COMMENTS (1)
  1. Fernando
    Fernando

    January 26, 2013

    Many thanks for tanikg the time to discuss this, I really feel strongly about it and love learning much more on this topic. If possible, as you gain expertise, would you mind updating your with a lot more facts? It’s extremely helpful for me.

Leave a Comment